Permasalahan Sistem Terdistribusi

Definisi Sistem Terdistribusi

Sistem terdisitribusi merupakan kumpulan autonomous computers yang terhubung melalui sistem jaringan computer dan dilengkapi dengan sistem software tedistribusi untuk membentuk fasilitas computer terintegrasi.

Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak saling berbagi memori atau clock dan terhubung melalui jaringan komunikasi yang bervariasi, yaitu melalui Local Area Network ataupun melalui Wide Area Network. Prosesor dalam sistem terdistribusi bervariasi, dapat berupa small microprocessor, workstation, minicomputer, dan lain sebagainya

Sistem Terdistribusi adalah satu sistem dimana beberapa komputer pada jaringan saling berkomunikasi, berkoordinasi, dan bekerja sama dengan cara saling bertukar pesan (messages).

 

Permasalahan dari Sistem terdistribusi yaitu:

–   Kompleksitas. Sistem terdistribusi bersifat lebih kompleks daripada system sentral.

–   Keamanan. Sistem terdistribusi dapat diakses dari beberapa komputer dan jalur jaringan mudah disadap, sehingga keamanan jaringan system terdistribusi menjadi masalah yang besar.

–   Kemampuan untuk dikendalikan. Computer yang terdapat di system terdistribusi bisa terdiri dari berbagai tipe yang berbeda dan mungkin dijalankan pada sistem operasi yang berbeda pula. Kesalahan pada satu mesin bisa berakibat pada yang lainnya. Sehingga harus banyak usaha untuk mengendalikannya.

–   Tidak dapat diramalkan. System terdistribusi tidak dapat diramalkan tanggapannya. Tanggapannya tergantung beban total system, pengorganisasian, dan beban jaringannya.

–   Kesulitan dalam membangun perangkat lunak .Kesulitanyangakandihadapi antaralain:bahasapemrogrammanyangharusdipakai, sistem operasi dll.

–   Masalah Jaringan Karena sistem terdistribusi di implementasikan dalam jaringan kom-puter, makaisu2yangberkaitan dengan jaringan komputer akan men- jadi pertimbangan utamadalam merancangdan mengimplementasikansistem.

Adapun masalah lain dengan sistem terdistribusi yang dapat dimunculkan antara lain berkaitan dengan :

  • Software – bagaimana merancang dan mengatur software dalam Distribusi Sistem
  • Ketergantungan pada infrastruktur jaringan
  • Kemudahan akses ke data yang di share, memunculkan masalah keamanan

REFERENSI

1. Hartary, Thony, Permasalahan Sistem Terdistribusi. Tanggal akses: 12 Maret 2013 http://wickedhero26.blogspot.com/2013/03/permasalahan-sistem-terdistribusi.html

2. Ani, Silvi. Permasalahan Sistem Terdistribusi. Tanggal akses: 12 Maret 2013 http://sylvi24.wordpress.com/2012/03/14/permasalahan-sistem-terdistribusi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s