Jenis-jenis game + opportunity untuk menunjang creative industry

Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya (terutama di Eropa) atau juga Ekonomi Kreatif. Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Menurut Howkins, Ekonomi Kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan. desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio, dan Permainan Video . Muncul pula definisi yang berbeda-beda mengenai sektor ini. Namun sejauh ini penjelasan Howkins masih belum diakui secara internasional.

Industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, berbagai pihak berpendapat bahwa “kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama” dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi .

Berbagai pihak memberikan definisi yang berbeda-beda mengenai kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam industri kreatif . Bahkan penamaannya sendiri pun menjadi isu yang diperdebatkan dengan adanya perbedaan yang signifikan sekaligus tumpang tindih antara istilah industri kreatif, industri budaya, dan ekonomi kreatif .

Berikut adalah jenis-jenis gamenya :

Role Playing Game (RPG):  Sebuah permainan bermain peran biasanya permainan yang sangat panjang dan kita dituntut masuk ke dalam alur cerita game tersebut. Ada beberapa game RPG di luar sana yang tidak memerlukan waktu Anda lebih dari 20 jam untuk memainkannya namun itu sangat sedikit. Beberapa contoh-contoh game RPG adalah Final Fantasy, Dragon Warrior, Breath of Fire, Secret of Mana dan banyak varietas lainnya. Biasanya RPG melibatkan sekelompok karakter yang Anda butuhkan untuk membangun atau mengembangkan sesuatu untuk mencapai tujuan akhir bersama. Untuk sampai ke tujuan tersebut, Anda perlu memperkuat karakter Anda dengan meneingkatkan level karakter tersebut atau mengumpulkan peralatan baru.

First Person Shooters (FPS): Game jenis ini lebih populer di kalangan dunia multiplayer daripada dunia pemain tunggal. Beberapa contoh baik dari sebuah permainan FPS diantaranya Half-Life, Counter-Strike, Doom, Castle Wolfenstein dan lain-lain. FPS menempatkan Anda ke dalam peran satu karakter membawa banyak senjata dan dengan tujuan bersama untuk mencapai suatu titik akhir, melarikan diri dari malapetaka dan semua hal menyenangkan. Ketika bermain dalam permainan multiplayer, Anda dapat bermain dalam FFA (Free For All), permainan Tim atau varietas lainnya.

Real Time Strategy (RTS):  Peran permainan strategi real time ini adalah dengan menerapkan bagian strategis dari pikiran Anda ke dalam pandangan dari lingkungan yang serba cepat. Catatan, tujuan Anda dalam permainan RTS ini adalah mengalahkan tentara lawan dengan tentara Anda bahwa Anda harus membangun dengan mendapatkan sumber daya. Contoh-contoh game RTS akan Starcraft, Warcraft, Total Annihilation, Command and Conquer dan lain sebagainya.

Permainan Olahraga (Sports Game):  Genre olahraga biasanya menunjukkan olahraga mana saja yang dapat Anda mainkan di kehidupan nyata. Olahraga seperti, skateboard, snowboarding, tenis, basket, sepak bola dan lain-lain. Biasanya game seperti ini lebih disukai  bagi mereka yang suka olahraga. Beberapa contoh yang dari game seperti ini diantaranya PES (Pro Evolution Soccer), FIFA, Madden NFL, asrama Cool, NBA Slam, dan banyak lainnya seperti PGA Tour Golf, Tiger Woods Golf, Brunswick Bowling.

Permainan Balapan (Racing Game):  Saya suka game balapan, ini benar-benar menyenangkan.  Biasanya permainan ini tidak jauh dari  stunts, kecepatan, trik, tabrakan, atau apapun hal-hal ekstrim lainnya. Off-road Racing dan Need for Speed adalah contoh game yang seting kita jumpai. Balapannya juga bermacam-macam mulai dari truk, Snowboards, skateboard, balap kuda, mobil sport, pada dasarnya SEMUANYA! Beberapa game mengagumkan dalam topik ini antara lainnya Need for Speed, Moto Racer, Off-roadRacing dan lain-lainnya.

Puzzlers: Permainan Puzzle adalah jenis yang sangat populer. Permainan puzzle contohnya seperti catur dan dam (checkers). Game jenis ini biasanya menuntut kita untuk berpikir, memecahkan suatu masalah yang ada. Saya bisa bilang game jenis ini adalah game klasik yang menyenangkan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s